Hell Yeah Pointer 1
Shuriken - Naruto

Senin, 05 Maret 2018

Konfigurasi EoIP


Assalamualaikum wr.wb




Hai sobat, kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian cara mengkonfigurasi EoIP di mikrotik. Seperti apa? Simak untuk lebih jelasnya di bawah berikut.......



 




1. Pendahuluan

  • Pengertian
Ethernet over IP Tunneling MikroTik adalah protokol yang membuat sebuah Ethernet tunnel antara dua router di atas koneksi IP. Interface EoIP muncul sebagai interface Ethernet.
  • Latar belakang
 Memudahkan dalam berkomunikasi jarak jauh
  • Maksud dan tujuan
Bisa mengimplementasikan EoIP

2. Alat dan bahan
  • Laptop/PC
  • Winbox
  • Mikrotik
  • Koneksi internet

3. Jangka waktu
  • 5 menit

4. Proses


Pertama, pastikan router kalian berdua sudah terkoneksi dengan internet. Disini saya akan berpasangan dengan teman saya, Maesaroh. Saya sebagai R1 dan Maesaroh R2. Ok langsung saja

Buka Interface > klik "+" > EoIP Tunnel > isi yang ada dikolom > apply > ok

Nama : terserah kalian
Remote add : IP Router teman
Tunnel ID : Harus sama dengan tunnel ID di router teman kalian
 

Buka menu Bridge > klik "+" > langsung apply > ok


Pada menu ports klik "+" dan bridge (ether2 + eoip tunnel)




Masuk terminal dan ketikkan ssh admin@ip router teman kalian



Dan, saya bisa masuk ke router teman saya, Maesaroh



Kemudian, untuk konfigurasi R2 langkah"nya sama saja. Jika sudah semua, coba ping kedua router

5. Kesimpulan

Biarpun jaringan kita mau melewati beberapa router mau 2,3 maupun 10 tidak ada masalah. maka hal ini dengan kita gunakan yg namanya EOIP tunnel sehingga dengan menggunakan EOIP tunnel ini maka jaringan yang kita tuju akan menjadi satu subnet dengan alokasi ip yang kita inginkan.

6. Referensi

http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=91






Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb 

Tidak ada komentar: