Hell Yeah Pointer 1
Shuriken - Naruto

Rabu, 27 Desember 2017

Mengenal Komputer dan Komponen Penyusunnya


Assalamualaikum wr.wb

 Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian komputer dan komponen penyusunnya serta contoh-contohnya. Semoga postingan ini bisa menambah wawasan pengetahuan kita semua. Selamat membaca........





A Pengertian komputer dan komponen-komponennya

1. Pengertian komputer
       Komputer berasal dari bahasa latin yaitu " Computare" yang artinya menghitung. Dalam bahasa inggris disebut to compute. Secara umum, komputer diartikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data, mengolah data, maupun memberikan informasi serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang telah tersimpan di dalam memori. Dalam sebuah sistem komputer terdapat komponen Hardware, Software, dan Brainware.


  • HARDWARE
           Hardware adalah perangkat keras komputer. Hardware menjadi jembatan penghubung antara software dan brainware (pengguna). Hardware ada dua macam, yaitu :
a. Input Device (perangkat masukan)
       input device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Seperti Mouse, Keyboard, scanner, dan lain sebagainya.
 
b. Output Device (perangkat keluaran)
      Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghasilkan keluaran, baik berupa tulisan ataupun gambar. Seperti Monitor, Printer, Speaker, dan lain sebagainya.
  • SOFTWARE 
           Software adalah perangkat lunak komputer. Merupakan sekumpulan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai yang dikehendaki. Contoh software yaitu :
a. Software aplikasi : Mozilla, Google Chrome, Winamp, dll.
b. Software sistem operasi : Linux, Windows, Ubuntu, Debian, dll.

  • BRAINWARE
         Brainware atau user/pengguna yaitu orang yang terlibat langsung dalam pemakaian, seperti Sistem Analis, Programmer, Operator, User, dll.

           Dari pengertian diatas kita bisa tahu bahwa sebuah komputer memerlukan komponen-komponen agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jika ada salah satu saja komponen yang rusak/kurang, itu akan mempengaruhi kinerja dari komputer itu sendiri. Contohnya, jika dalam sebuah komputer tidak ada brainware, bisa di pastikan komputer itu tidak akan bisa bekerja. Tidak mungkin kan? Oleh karena itu, dalam sistem komputer harus terdapat komponen yang lengkap/utuh.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Terima Kasih
Wassalamualikum wr.wb

Tidak ada komentar: