Hell Yeah Pointer 1
Shuriken - Naruto

Jumat, 29 Desember 2017

Pengenalan Sistem Operasi Linux Mint

Assalamualaikum wr.wb

Sekarang saya akan menjelaskan sedikit tentang linux mint sebelum merambah ke yang lebih jauh... ini mungkin masih dasar sekali tetapi kita memang harus tahu ini sebelum kita menggunakan linux di komputer/PC kita. selamat membaca....









Akhir-akhir ini kita mungkin sering mendengar istilah OS atau Operating System, terlebih sejak munculnya mobile OS seperti Android dan IOS. OS sendiri dalam bahasa indonesia berarti sistem operasi. Mengenai pengertian, fungsi, dan kegunaan sistem operasi sudah kita bahas sebelumnya. Jadi, kali ini saya akan membahas salah satu OS yang cukup populer, khususnya bagi pengguna linux, yaitu Linux mint.



A. Pengertian Linux

 Linux adalah sebuah sistem operasi yang menganut sistem UNIX dan menggunakan model pengembangan dan distribusi software secara gratis, atau biasa dikenal Open Source. Seperti aplikasi open source lainnya, Linux juga bisa dikembangkan dan didistribusikan secara gratis, inilah yang menjadi salah satu daya tarik software ini.


Linux juga dikenal sebagai OS yang handal dan tangguh, meskipun tidak memakai biaya untuk penggunaannya, linux terbukti stabil dan jarang terkena permasalahan umum seperti OS yang lain, seperti proses lambat, blank, kena virus atau malware, dan sebagainya.

Linux memiliki sejumlah versi yang berbeda yang dapat memenuhi kebutuhan user yang pastinya juga berbeda. Versi linux yang berbeda itu disebut distributions atau lebih singkatnya distro.


B. JENIS-JENIS LINUX

Banyak sekali versi dari linux selain Linux Mint seperti ubuntu, debian, fedora, OpenSuse untuk komputer desktop dan Red Hat, Ubuntu server, CentOS serta SUSE enterprise untuk komputer server. Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Linux Mint, Kelebihan, Serta kekurangannya.



  • LINUX MINT
 
Linux Mint adalah salah satu sistem operasi linux berbasis ubuntu dan debian. Linux mint rilis sebanyak 2 kali dalam setahun. Setiap rilis, linux mint selalu diberi nomor versi dan nama kode yang berhubungan dengan wanita dan berakhiran huruf "a". ( contoh Linux Mint 3.0 cassandra, 3.0 adalah nomor versi dan cassandra adalah nama kode yang berakhiran "a" )







C. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Linux mint memiliki kelebihan sebagai berikut :

  1. Memiliki banyak pilihan desktop yang bisa dipilih sendiri, seperti cinnamon, Mate, KDE, Xfce, dan lain sebagainya.
  2. Fiturnya sangat update serta upgrade.
  3. Memiliki banyak forum komunitas linux mint.
  4. Kelengkapan software-nya sangat memadai.
  5. Memiliki tampilan yang elegan, khususnya tipe desktop Cinnamon

Selain itu, Linux Mint juga memiliki kekurangan sebagai berikut, diantaranya :
  1. Installasi driver yang cukup rumit bagi para pemula.
  2. Beberapa komputer mungkin akan terasa berat jika menggunakan edisi Cinnamon.

Itulah beberapa contoh kekurangan linux mint. Namun dengan kelebihan yang dimiliki, linux mint mampu menarik perhatian para pengguna komputer atau laptop.

Walaupun memiliki sebuah alat elektronik adalah suatu kebutuhan, tetapi hal itu juga harus didukung dengan sistem operasi yang berkualitas tinggi dan berpenampilan menarik.



Sekian dari saya. semoga bermanfaat ya...... ^-^
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar: