Hell Yeah Pointer 1
Shuriken - Naruto

Kamis, 28 Desember 2017

Sistem Operasi

Assalamualaikum wr.wb

Ok, kali ini saya akan membahas tentang sistem operasi serta kegunaan dari sitem operasi itu sendiri. Semoga bisa menambah wawasan kita semua ya. selamat membaca..... ^-^






A. Pengertian Sistem Operasi

     Sistem Operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras juga operasi-operasi dasar sistem, yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan/pekerjaan manusia (bukan pacul lho ya). Sistem operasi berasal dari bahasa inggris " operating system" yang biasa di singkat OS.

Sistem Operasi komputer merupakan software yang di letakkan pertama kali di dalam memori komputer ( harddisk) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software yang lain dijalankan setelah Operating system berjalan dan Operating system juga akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.

Layanan inti umum tersebut seperti akses disk, manajemen memori, dan lain sebagainya. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti tersebut di sebut kernel.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan software, selain itu, sistem operasi juga melakukan semua perintah penting di dalam komputer,serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan.

Contoh sistem operasi yaitu Windows, Linux, MacOS, dll.



B. Bagian-Bagian Sistem Operasi

    Pada umunya, sistem operasi terdiri dari bagian-bagian berikut :

  1. Mekanisme Boot yaitu meletakkan suatu kernel ke dalam memori.
  2. Kernel yaitu inti dari sistem operasi.
  3. Command Interpreter atau shell yang memiliki tugas untuk membaca input dari user.
  4. Pustaka-pustaka yang bertugas untuk menyediakan fungsi dasar yang dapat dipanggil software lain.
  5. Driver yang berguna untuk berinteraksi dengn hardware eksternal lain dan sekaligus untu mengontro hardware tersebut.



C. Fungsi Sistem Operasi



    Sistem Operasi juga mempunyai fungsi sebagai berikut :
  1. Sebagai koordinator yang memberikan fasilitas agar segala aktivitas dapat dikerjakan dengan benar.
  2. Sebagai pengawal yang memegang kendali proses untuk melindungi file-file juga untuk memberi batasan terhadap penulisan, pembacaan, eksekusi data serta program.
  3. Sebagai satpam (security) yang mengawasi siapa saja yang boleh masuk ke dalam sistem komputer.
  4. Sebagai pengoptimal perintah kerja dari pengguna, seperti akses basis data, keluaran, masukkan, dan sebagainya untuk meningkatkan kinerja sistem tersebut.
  5. Bertindak sebagai server yang memberikan pelayanan yang dibutuhkan user, contohnya restrukturisasi direktori file.

D. Contoh Sistem Operasi

1. Windows


    Windows dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Windows merupakan evolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis teks dan command-line. Windows pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar di pasaran pada bulan November 1985.Digunakan untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.


2. Linux





    Linux adalah sistem operasi turunan UNIX. Asal kata Linux sendiri berasal dari nama pembuatnya Linus Torvalds yang di perkenalkan tahun 1991. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama yang artinya kode sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan, dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.


3. MacOS

 



    MacOS merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan Apple. Apple sendiri didirikan pada tanggal 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan seorang insinyur Ronald Wayne.



Sekian postingan saya kali ini. semoga bermanfaat ya...
terima kasih sudah membaca.

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar: