Hell Yeah Pointer 1
Shuriken - Naruto

Jumat, 05 Januari 2018

7 OSI Layer

Assalamualaikum wr.wb

Hai sobat, pada kali ini saya akan membahas tentang OSI Layer. Apa itu? Langsung saja di simak ya.....





PENGERTIAN- OSI Layer adalah standar komunikasi yang diterapkan dalam jaringan komputer. Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat berkomunikasi melalui jaringan. Model referensi OSI (Open System Interconection) menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melalui suatu media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer yang lain.

OSI Layer terbagi menjadi 7 lapisan dimana setiap lapisan mempunyai fungsi jaringan yang spesifik.  Model OSI diciptakan oleh International Organitation for Standarization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi dalam suatu jaringan.

Standar ini dikembangkan agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien. Ada 7 lapisan OSI Layer yaitu :
 


7. Application Layer
    
Berfungsi sebagai antarmuka aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, maksudnya untuk mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan serta membuat message problemnya. 

6. Presentation Layer

Berfungsi untuk mengkonversi data yang akan ditransmisikan ke dalam format yang sesuai dengan transmisi data jaringan. 

5. Session Layer

Berfungsi untuk mendefinisikan sebuah koneksi yang terbuat. Apakah mau dijaga atau dihapus. Pada layer ini terjadi resolusi nama

4. Transport Layer

Berfungsi untuk memecah data menjadi suatu paket data dan memberikan penomoran secara urut sehingga mudah tersusun di tempat tujuan waktu data diterima.

3. Network Layer

Berfungsi untuk mendefinisikan alamat ip, lalu membuat header tiap paket data, dan melakukan routing dengan internetworking menggunakan router dan switch layer-3

2. Data-Link Layer

Berfungsi mengelompokkan bit-bit data menjadi sebuah frame. Didalam layer ini terjadi pengkoreksian kesalahan, flow control, pengalamatan hardware, dan menentukan jalannya perangkat jaringan.

1. Physical Layer

Berfungsi mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi, dll. Hal lain yang terjadi pada layer ini adalah pendefinisian Network Interface Card (NIC) agar bisa berinteraksi dengan media kabel atau radio.




Nah itu dia sedikit penjelasan tentang osi layer. semoga menambah wawasan kita semua yaaa.....^_^


Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb


Tidak ada komentar: