Hell Yeah Pointer 1
Shuriken - Naruto

Rabu, 24 Januari 2018

Konsep dasar Routing

Assalamualaikum wr.wb




   





1. Pendahuluan

  • Pengertian
Routing adalah proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya.
  • Latat belakang
Memahami konsep dasar routing
  • Maksud dan tujuan
Mengerti apa itu routing dan fungsinya
  • Hasil yang diharapkan
Bisa mengimplementasikan routing dengan teman

2. Alat dan bahan

-Komputer
-Koneksi internet


3. Jangka waktu

3 menit sampai 1 jam



4. Proses Tahapan

Sebelum routing, apa kalian tahu router? Router adalah alat yang digunakan untuk menghandle mikrotik. outer merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

1. Fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.

2. Router juga berfungsi untuk menstran misikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya seperti Bridge.

3. Router juga berfungsi untuk menhubungkan jaringa lokal kesebuah koneksi DSL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memilki fungsi firewal untuk melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan paket tersebut, namun tidak semua router memiliki fungsi yang sama. Router yang memiliki fitur penapisan paket dapat juga disebut sebagai packet – filtering router. Fungsi umum router ini memblokir lalulintas data yang dipancarkan secara broad cast sehingga dapat mencegah adanya broad cast storm yang bisa menyebabkan kinerja jaringan melambat.

6. Temuan permasalahan

-----
7. Kesimpulan

Routing berguna untuk menyatukan dua router/komputer yang berbeda network

8. Referensi

https://dtechnoindo.blogspot.co.id/2016/12/pengertian-fungsi-cara-kerja-dan-jenis.html
http://www.teorikomputer.com/2012/11/pengertian-routing.html





Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb