Hell Yeah Pointer 1
Shuriken - Naruto

Rabu, 21 Februari 2018

Konfigurasi PPPoE Server

Assalamualaikum wr.wb



Hai sobat, kembali kalian bertemu tulisan saya yang sangat berfaedah ini. Semoga kalian tidak bosan membaca tulisan saya dan semoga kalian semua bisa tercerahkan. Aminnnn....

Oke guys, Kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian Cara konfigurasi PPPoE. Apa sih PPPoE itu? Kalau mau tahu lebih jelasnya dapat kalian simak dibawah ini......






1. Pendahuluan

  • Pengertian
PPPoE (Point To Point Protocol over Ethernet) adalah Protocol yang memberikan ip secara otomatis tetapi PPPOE membuat jalan sendiri yang langsung point to point ke mikrotik sehingga mac address dan ip address tidak dapat terdeteksi oleh jaringan biasa 


    • Latar belakang
    Dalam sebuah jaringan pasti butuh koneksi internet, disini saya menggunakan PPPoE agar client terhubung dengan komputer saya dan juga internet
    • Maksud dan tujuan
    Agar client dapat terhubung ke internet dari PPPoE server

    2. Alat dan bahan

    • Laptop/PC
    • Mikrotik
    • Winbox
    • Koneksi internet

    3. Jangka waktu

    10 menit

    4. Proses


    Pertama, pastikan kalian sudah terkoneksi ke internet. Saya akan berpasangan dengan teman saya veni sebagai PPPoE client.

    Kemudian, buat IP lagi untuk si client menggunakan interface yang terhubung dengan router client




    Masuk IP > Pool. Disini kalian buat ip range yang dapat dibagikan ke client


    Masuk ke menu PPP > pilih Profiles > Klik " + "


    Nama diisi terserah kalian
    Local address diisi IP yang sudah kalian buat untuk client
    Remote address diisi IP Pool yang sudah kalian buat


    Masuk ke menu Secret > klik " + " > isi name dan password (untuk digunakan si client) > service ganti menjadi pppoe > profile ganti dengan profile yang sudah kalian buat


    Masuk menu pppoe servers > klik " + " > interface diganti dengan interface yang terhubung dengan router client


    Masuk menu interface > klik " + " > PPPoE server binding > apply > ok



    Untuk konfigurasi PPPoE Client, dapat dilihat disini

    5. Kesimpulan

    PPPoE server berfungsi menyediakan koneksi internet untuk PPPoe client

    6. Referensi

    Ebook BLC Telkom
    Teman BLC







    Sekian, terima kasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    Tidak ada komentar: