Hell Yeah Pointer 1
Shuriken - Naruto

Sabtu, 03 Februari 2018

Troubleshooting komputer

Assalamualaikum wr.wb


Hai sobat, padakali ini saya ingin mengupas sedikit penanganan masalah yang ada pada dunia komputer. Langsung saja disimak di bawah ini.


  


1. Pendahuluan

  • Pengertian
Troubleshooting adalah proses pengidentifikasian, penemuan, dan perbaikan atas segala masalah yang ditemukan
  • Latar belakang
Menjaga dan memperbaiki masalah yang ada di komputer
  • Maksud dan tujuan
Paham dan mengerti troubleshooting

2. Pembahasan

    a. Mengatasi masalah jaringan


1. Menguji konektivitas jaringan, yaitu dengan ping. apa itu ping? Ping digunakan untuk menguji apakah host tujuan bisa tercapai .Perintah ‘ping’ bisa diikuti dengan alamat IP atau nama host tujuan.

 apa hasil dari ping?

1. Jika ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna tetap tidak dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar berada pada aplikasi di host tujuan.
2. Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.
3. Jika ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
4. Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.


    b. Mengatasi masalah perkabelan

1. Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar.
2. Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B. 
3. Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati.
4. Pastikan port yang benar sedang digunakan.
5. Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik

    c. Mengatasi masalah wireless

Penyebab masalah wireless :

1. Tidak semua standar wireless itu kompatibel.
2. Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih.
3. Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak.
4. Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
5. AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat.

Hal yang dilakukan :

1. SSID harus sesuai dengan AP dan klien.
2. Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama.
3. Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien


3. Kesimpulan

Catat setiap kegiatan yang dilakukan / dokumentasi agar tahu dimana masalah itu berada

4. Referensi

Mas fauzan dan Mas Dewa






Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar: